Headlines News :
Home » » Hubungan Senam Kegel Terhadap Nyeri Regio Vagina Pada Masa Nifas

Hubungan Senam Kegel Terhadap Nyeri Regio Vagina Pada Masa Nifas

Written By admin on Tuesday, July 16, 2013 | 11:51 PM

( Penelitian oleh : Endah Tri Lestari, Untari Fajar Suryani dan Tri susanti)

Hipotesa:

Terdapat hubungan senam kegel terhadap nyeri regio vagina (pada ibu nifas di BPS Ny. Feriatul Rizki Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap Tahun 2010).

Sampel :

Populasi dalam panelitian ini ialah semua ibu nifas sebanyak 72 di BPS Ny. Feriatul Rizki Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap Tahun 2010.

Rancangan Penelitian :

Penelitian ini menggunakan “Studi Deskriptif asosiatif”, maksud penelitian ini adalah menggambarkan dan menghubungkan percepatan pengurangan nyeri regio vagina dengan senam nifas pada ibu nifas berdasar fakta yang terjadi di lapangan. Pelaksanaan studi deskriptif ini tidak terbatas hanya sampai pada pengumpulan dan penggunaan data, tetapi mancakup pada analisa dan interprestasi data.

Pembahasan:
Berdasarkan uji hipotesis yang pertama didapatkan harga c2Hitung = 34,3. Ternyata harga c2Hitung lebih besar dari Chi kuadrat tabel (34,3 > 3,481), maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat percepatan pengurangan nyeri regio vagina dengan senam nifas yang mampu kontrol BAK (pada ibu nifas di BPS Ny. Feriatul Rizki Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap Tahun 2010)”.

Senam ini dilakukan di tempat tidur atau matras, gerakannya adalah sebagai berikut :
  1. Posisi tidur terlentang di atas matras atau tempat tidur, tangan lurus di atas kepala, posisi tangan menggenggam kuat. 
  2. Dengan posisi terlentang tangan lurus di atas kepala, posisi tangan menggenggam kuat, kepala diangkat semaksimal mungkin mendekati dada.
  3. Posisi pasien terlentang, dan tangan lurus di atas kepala lalu kaki dibuka selebar mungkin dengan lutut bertemu antara keduanya, pantat diangkat sekuatnya
  4. Dengan posisi pasien terlentang, tangan lurus di atas kepala lalu kaki dibuka selebar mungkin dengan lutut bertemu antara keduanya, pantat diangkat sekuatnya lalu ditambah kepala diangkat semaksimal mungkin mendekati dada.
  5. Kaki lurus dan kedua mata kaki bertemu, telapak kaki difleksikan 90° dan kaki diangkat pelan-pelan ± 20 cm, pinggang ditekan ke matras atau tempat tidur.
  6. Kaki lurus dan kedua mata kaki bertemu, telapak kaki difleksikan 90° dan kaki diangkat pelan-pelan ± 20 cm, pinggang ditekan ke matras atau tempat tidur serta ditambah kepala diangkat semaksimal mungkin mendekati dada.
Senam kegel merupakan suatu latihan otot dasar panggul pubococcygeus. Tujuan utamanya adalah melatih otot-otot dasar panggul, otot-otot vagina, perut, pada saat persalinan pervaginam mengalami peregangan dan kerusakan yang dapat menyebabkan nyeri setelah melahirkan. Latihan ini dapat dilakukan dimana saja, bahkan saat berbaring setelah melahirkan dikamar pemulihan. Mulai berlatih walaupun belum dapat merasakan apa pun di daerah perineal. Dapat dilakukan juga pada saat berkemih, menyusui, atau disetiap posisi nyaman. Caranya, lakukan gerakan seperti menahan buang air kecil, tahan kontraksi 8-10 detik, lepaskan, ulangi beberapa kali (Harian Kompas tanggal 27 Februari 2006).

Simpulan
Berdasarkan latar belakang dan pembahasan dalam penelitian ini maka penulis dapat mengambil simpulan sebagai berikut :
1. Terdapat gambaran 31,25%.
2. Terdapat percepatan pengurangan nyeri regio vagina dengan senam nifas



Share this article :
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AKBID GMC - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger