Headlines News :
Home » » (Tesis) HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG RELEVAN PADA POLA PEMBERIAN ASI IBU PEKERJA (Studi Analisis Verifikatif di Kabupaten Cilacap)

(Tesis) HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG RELEVAN PADA POLA PEMBERIAN ASI IBU PEKERJA (Studi Analisis Verifikatif di Kabupaten Cilacap)

Written By admin on Wednesday, July 24, 2013 | 12:43 AM

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG RELEVAN 

PADA POLA PEMBERIAN ASI IBU PEKERJA
(Studi Analisis Verifikatif di Kabupaten Cilacap)


  



Oleh:
Naomi Parmila Hesti Savitri
NPM: L2J050608




PROGRAM PASCASARJANA 
UNIVERSITAS PADJADJARAN 
BANDUNG , 2010


ABSTRAK


Peningkatan jumlah wanita pekerja di Kabupaten Cilacap setiap tahun mempengaruhi penurunan tingkat pemberian ASI eksklusif. Beberapa keadaan yang dapat mempengaruhi penurunan pemberian ASI tersebut adalah dukungan suami dan tenaga kesehatan, promosi susu formula, lingkungan kerja, pengetahuan, dan sikap ibu pekerja. Tujuan penelitian adalah menganalisis perbedaan dan hubungan faktor-faktor tersebut di atas di Kabupaten Cilacap. Rancangan penelitian potong silang, dengan total 139 ibu pekerja yang mempunyai bayi usia 7-12 bulan dari tiga wilayah Kecamatan di Kabupaten Cilacap yang dipilih secara acak dan diwawancarai. Analisis data dengan Chi kuadrat, uji Kruskall Wallis, uji  Mann-Whitney, korelasi Eta, dan regresi multinomial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan yang sangat bermakna terdapat pada dukungan suami dan tenaga kesehatan, promosi susu formula dan lingkungan kerja yaitu pada pemberian makanan prelakteal (p<0,01). Lingkungan kerja mempunyai korelasi cukup kuat dengan pola pemberian ASI (η: 0,641; p<0,01). Lingkungan kerja merupakan faktor dominan yang dapat meningkatkan keberhasilan pemberian ASI saja (eksklusif) dengan OR: 1,369 (CI 95%; 1,1–1,7); dan juga berisiko terhadap pemberian minuman prelakteal dengan OR: 1,338 (CI 95%; 1,1–1,6) p<0,01.

Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan dukungan suami dan tenaga kesehatan, promosi susu formula dan lingkungan kerja terhadap pemberian makanan prelakteal; terdapat hubungan positif antara dukungan suami dan tenaga kesehatan, promosi susu formula, lingkungan kerja, pengetahuan dan sikap ibu dengan pola pemberian ASI; serta meningkatnya pemberian ASI saja dan risiko pemberian makanan prelakteal sangat dipengaruhi oleh lingkungan kerja.

Kata Kunci: Pola Pemberian ASI, Ibu Pekerja, Dukungan suami dan tenaga kesehatan, Promosi susu formula, Lingkungan Kerja, Pengetahuan dan Sikap Ibu




Share this article :
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AKBID GMC - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger