Beberapa metode penelitian kuantitatif yang cukup sering digunakan adalah survei dan eksperimen.
Metode Survei
Beberapa tema penelitian dengan menggunakan metode survei adalah sebagai berikut.
Metode Eksperimen
Metode survei adalah metode penelitian yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data. Metode ini adalah yang paling sering dipakai di kalangan mahasiswa. Desainnya sederhana, prosesnya cepat. Tetapi bila dilakukan dengan sembrono, temuan survei ini cenderung superficial (dangkal) meskipun dalam analisisnya peneliti menggunakan statistik yang rumit.
Penelitian survei dengan kuesioner ini memerlukan responden dalam jumlah yang cukup agar validitas temuan bisa dicapai dengan baik. Hal ini wajar, sebab apa yang digali dari kuesioner itu cenderung informasi umum tentang fakta atau opini yang diberikan oleh responden. Karena informasi bersifat umum dan (cenderung) dangkal maka diperlukan responden dalam jumlah cukup agar "pola" yang menggambarkan objek yang diteliti dapat dijelaskan dengan baik.
Sebagai ilustrasi, lima orang saja kemungkinan tidak mampu memberikan gambaran yang utuh tentang sesuatu (misalnya tentang profil kesejahteraan pegawai). Tetapi 250 orang mungkin akan lebih mampu memberi gambaran yang lebih baik tentang profil kesejahteraan pegawai itu. Perlu dicatat, jumlah responden saja belum cukup memenuhi syarat "keterwakilan". Teknik memilih responden ("teknik sampling") juga harus ditentukan dengan hati-hati.
Karena validitas data sangat tergantung pada "kejujuran" responden maka peneliti sebaiknya juga menggunakan cara lain (selain kuesioner) untuk meningkatkan keabsahan data itu. Misalnya, peneliti mungkin bertanya kepada responden tentang pendapatan per bulannya (dalam rupiah). Dalam hal ini, peneliti juga mempunyai sumber data lain untuk meyakinkan kebenaran data yang diberikan responden (misalnya dengan melihat daftar gaji si responden di kantornya). Jika hal ini sulit ditemukan maka peneliti terpaksa harus berasumsi bahwa semua data yang diberikan responden adalah benar. Kita tahu, asumsi semacam ini sering kali menyesatkan.
Kesalahan yang sering dibuat oleh peneliti dalam penelitian survei ini adalah terletak pada analisis data. Peneliti sering kali lupa bahwa apa yang dikumpulkan melalui kuesioner ini adalah sekedar "persepsi tentang sesuatu", bukan "substansi dari sesuatu". Karena itu, kalaupun peneliti menggunakan analisis statistik yang cukup kompleks (misalnya korelasi atau regresi) maka peneliti harus ingat apa yang dianalisisnya itu tetaplah sekumpulan persepsi, bukan substansi.
Beberapa tema penelitian dengan menggunakan metode survei adalah sebagai berikut.
- Survei tentang alokasi anggaran untuk pengembangan pegawai di semua perguruan tinggi negeri.
- Survei tentang kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan di Bank XY.
- Analisis terhadap potensi penerimaan calon konsumen terhadap produk baru yang akan diluncurkan.
- Jajak pendapat masyarakat terhadap metode baru dalam hal penetapan Pajak Pembangunan I.
Dari contoh-contoh di atas, kita sadar bahwa tidak mudah menggolongkan suatu penelitian ke jenis penelitian tertentu dengan hanya melihat judul atau tema penelitian itu. Jika hanya judul yang kita baca maka kita sebenarnya bisa memasukkan suatu penelitian ke jenis penelitian mana pun. Karena itu, kita harus bisa membaca seluruh desain penelitian untuk mengetahui jenis penelitian atau metode yang digunakan seorang peneliti.
Metode Eksperimen
Metode Eksperimen adalah metode penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab-akibat (kausalitas) antara satu variabel dengan lainnya (variabel X dan variabel Y). Untuk menjelaskan hubungan kausalitas ini, peneliti harus melakukan kontrol dan pengukuran yang sangat cermat terhadap variabel-variabel penelitiannya.
Tetapi metode eksperimen tidak hanya digunakan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat antara satu dan lain variabel, tetapi juga untuk menjelaskan dan memprediksi gerak atau arah kecenderungan suatu variabel di masa depan. Ini adalah eksperimen yang bertujuan untuk memprediksi.
Perlu diingat, dua variabel yang berkorelasi (misalnya "tingkat pendidikan" berkorelasi dengan "tingkat penghasilan") tidak berarti dua variabel tersebut mempunyai hubungan sebab-akibat. Sebaliknya, dua variabel yang tidak berkorelasi (zero correlation) bukan berarti sudah tertutup kemungkinan berhubungan sebab-akibat (Hopkins, et al, 1987). Untuk mengukur korelasi, metode survei mungkin sudah cukup memadai. Tetapi untuk menjawab "Apakah tingkat pendidikan menyebabkan naiknya pendapatan?" Diperlukan suatu studi eksperimen yang sangat ketat aturannya.
Seperti metode-metode lain, metode eksperimen ini mempunyai
banyak variasi. Berikut ini beberapa contoh variasi (model) metode eksperimen.
Sebagai catatan:
O : adalah
Observasi
X : adalah
variabel independen
R : kelompok subjek yang dibagi secara random
EG : experimental group
CG : control
group
NO
|
NAMA MODEL
|
MODEL
|
KOMENTAR
|
1
|
One-shot
case study
|
- XO1
|
Tak ada perbandingan antara
pre dan post program
|
2
|
One-group
pretest-posttest
|
O1 XO2
|
Tanpa
kelompok pembanding
|
3
|
Static
group
|
EG: - X O1
|
Pembagian kelompok tidak
|
|
|
CG:
O2
|
dirandom
|
4
|
Pretest-posttest control group
|
EG: R O1
X O2
|
Pembagian kelompok melalui
|
|
|
CG: R O3
O4
|
random
|
5
|
Posttest
only control group
|
EG: R - XO1
CG:
R - O2
|
Kedua kelompok tidak diberi
pretest
|
6
|
Time
series
|
O1 O2 ... On X
|
Tanpa
EG dan CG
|
7
|
Multiple time series
|
EG: O1 O2 ... X
O1 O2 ...
|
Mahal Tanpa random
|
|
|
CG: O1
O2 - O1 O2
...
|
|
8
|
Solomon
|
EG : R O1 X O2
CG : R
O1 O2
EG : R X O1
CG: R O2
|
Mahal
Rumit
|
(Sumber:
O'Sullivan& Rassel, 1995)
Untuk model pertama,
peneliti tidak melakukan pengukuran sebelum
perlakuan (X). Tetapi is langsung mengukur hasil sesudah (X). Dengan
model kedua, peneliti bisa membuat pertanyaan, apakah "suatu sistem penarikan pajak gaya baru dapat menaikkan
penerimaan pajak di daerah "X"? Dalam hal ini, peneliti tinggal membandingkan
penerimaan pajak di daerah X sebelum dan sesudah digunakannya sistem
penarikan pajak gaya
baru tersebut.
Untuk model keempat, peneliti bisa menggunakan pertanyaan yang
sama, tetapi diperlukan daerah selain X (misalnya daerah Z) sebagai pembanding tingkat penerimaan pajak. Daerah X
dikenakan (diberlakukan) sistem penarikan pajak gaya baru, di daerah Z
tidak. Berikut ini adalah
beberapa contoh tema penelitian dengan menggunakan metode eksperimen:
Apakah terdapat perbedaan dalam hal tingkat pemahaman siswa antara siswa yang diajar dengan metode
instruksionis dengan siswa yang diajar dengan metode konstruktivis?
Perbedaan efektivitas dan efisiensi metode iqro dengan metode tradisional (dalam mempelajari bahasa
Arab)
Pengaruh
pendekatan focused group discussion terhadap proses pengambilan
keputusan.
Perlu pula diingat kembali, eksperimen di dalam penelitian ilmu-ilmu sosial sering bersifat "kuasi" (semu).
Artinya, pengontrolan terhadap variabel-variabel yang diteliti sering kali
tidak mungkin dilakukan secara ketat seperti dalam
eksperimen ilmu-ilmu eksakta {yang tidak menggunakan
unsur "manusia" sebagai objek penelitian). Dalam ilmu sosial, eksperimen semu adalah eksperimen yang tidak menggunakan "random"
untuk membagi kelompok Eksperimen dan kelompok
Kontrol. Pada model-model di atas,
semua model yang tanpa
"R" adalah Eksperimen semu.
Kesalahan dalam Metode
Eksperimen
Hal-hal
yang mempengaruhi validitas internal dan eksternal dalam penelitian eksperimen, disebut "Extraneous Variables" adalah variabel
selain variabel-variabel utama yang diteliti, yang mempengaruhi hasil akhir penelitian (kesimpulan)
jika tidak dikontrol. Borg & Gall
mengutip Campbell
& Stanley (1963),
lihat juga Malhorta (1977) menunjukkan
ada 10 tipe variabel extraneous,
yaitu:
- History
- Maturation
- Testing
- Instrumentation
- Statistical regression
- Differential selection
- Experimental mortality
- Selection-maturation interaction
- The John Henry Effect
- Experimental treatment diffusion.
1. History. Pada penelitian yang membutuhkan
waktu relatif lama, ada kemungkinan terjadi hal-hal
yang mempengaruhi proses penelitian itu sehingga
hasil akhir penelitian tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh (treatment) perlakuan, tetapi oleh hal-hal lain. Ketika terjadi kerusuhan di Indonesia pada
tahun 1998 (yang menandai
jatuhnya rejim Soeharto), banyak penelitian menjadi "kacau" karena terjadi
perubahan-perubahan mendasar di segala bidang
(ekonomi, politik, budaya, dan sebagainya).
2. Maturation. Pada saat penelitian berlangsung, ada kemungkinan para subjek yang diteliti mengalami "pendewasaan" (maturation). Mereka mungkin bertambah cerdas, bertambah terampil, lebih percaya diri dan sebagainya. Jadi, hasil
penelitian lagi-lagi tidak hanya akibat dari treatment, tetapi juga dipengaruhi faktor maturation ini.
3. Testing. Dalam studi eksperimen yang menggunakan pretest dan postest, ada kemungkinan subjek menjadi lebih tahu tentang test (terutama postest), atau menjadi test wise. Maka, kalaupun ada kenaikan nilai
test (post > pre). Hal ini mungkin lantaran
subjek menjadi lebih pintar alias test wise. Bisa juga terjadi kualitas pre
test tidak sama dengan
kualitas post test. Misalnya
post test lebih mudah dari pada pre test, maka wajar hasil post test lebih baik daripada hasil pre test-nya (lihat juga "instrumentation").
4. Instrumentation. Ini
berhubungan dengan kualitas instrumen
penelitian. Jika misalnya, pretest dibuat sangat sulit (tingkat kesukarannya tinggi), sedangkan postest dibuat dengan tingkat kesukaran lebih rendah (mungkin karena ketidaksengajaan) maka Jika pun hasil post > pre, hal ini bukan dari hasil treatment,
tetapi dari kesalahan instrumen
itu. Demikian pula bila kita telah menggunakan
jenis instrumen. Misalnya, untuk mengukur kemampuan psikomotorik diperlukan tes yang bersifat kegiatan fisik
("melakukan suatu kegiatan"). Tetapi peneliti ternyata hanya menggunakan tes tertulis. Misalnya, bukan kemampuan
psikomotorik yang diukur, tetapi
kemampuan kognitif.
5. Statistical regression. Ini berhubungan dengan perhitungan statistik.
Bila kita membandingkan dua kelompok (misalnya kelompok pengusaha kecil dan kelompok pengusaha menengah) dengan memperlakukan "treatment" yang sama (misalnya pengenalan terhadap manajemen usaha). Ternyata, setelah waktu tertentu, ada kecenderungan kelompok yang mendapat
"gain"
lebih besar adalah kelompok pengusaha kecil. Secara, "common
sense" sebenarnya kita bisa mengerti bila suatu perubahan lebih
mudah terlihat di konteks "kecil"
dari pada melihat perubahan di konteks "yang
lebih besar". Kenaikan Rp 1 juta ke Rp 2 juta adalah kenaikan 100%. Tetapi kenaikan yang sama, Rp 1 juta, dari
Rp 1 milyar ke Rp 1.001.000.000,00 "hanya" 0,001%.
6. Differential selection. Dalam studi eksperimen yang membandingkan dua kelompok (kelompok A
dan B), peneliti harus "mengatur"
sedemikian rupa sehingga kelompok A sama dengan kelompok B sehingga perbandingan bisa dilakukan secara baik.
Tetapi kadang-kadang karena satu dan lain hal, yang masuk ke kelompok A, misalnya, rata-rata lebih
baik daripada yang dikelompok B. Maka, ketika dua
kelompok ini dibandingkan di akhir
penelitian, jelas sekali kelompok A lebih baik dari kelompok B. Ini bukan karena treatment, tetapi karena
kesalahan pengelompokan.
7. Experimental mortality. Ini berhubungan dengan tingkat drop out
subjek penelitian. Jika satu per
satu subjek mengundurkan diri dari
penelitian, lama-lama peneliti akan kekurangan subjek untuk diteliti. Mungkin
secara kuantitas jumlahnya masih cukup. Tetapi bila profile subjek berubah drastis (kelompok tertentu masih banyak, kelompok lain sebagai kelompok pembanding
katakanlah tinggal satu orang),
penelitian praktis tidak mungkin dilanjutkan.
8. Selection-maturation interaction. Ini sama dengan
nomor enam, tetapi satu kelompok menjalani "pendewasaan" yang lebih cepat
daripada kelompok lainnya.
9. The John Henry Effect. Ini terjadi ketika kelompok
kontrol (tidak diberi treatment) berperilaku
lebih giat, lebih rajin, dan sebagainya, daripada
kelompok eksperimen (kelompok yang diberi treatment). Hal
ini mungkin terjadi karena, misalnya, kelompok kontrol merasa bahwa nantinya mereka akan "kalah" dibandingkan dengan kelompok eksperimen. Perasaan "kalah" semacam
ini bisa memacu kelompok kontrol belajar dan
bekerja lebih giat dari biasanya, katakanlah
untuk membuktikan bahwa mereka sama baiknya dengan
kelompok eksperimen.
10. Experimental Treatment Diffusion. Ini terjadi ketika kelompok kontrol
"belajar" dari kelompok eksperimen, baik sengaja maupun tidak, Jadi, terjadi "perembesan" pembelajaran
dari kelompok eksperimen ke kelompok kontrol.
Semua variabel yang berhubungan dengan
fenomena di atas harus dikontrol oleh
peneliti. Jika tidak, pasti akan terjadi kesalahan dalam pengambilan kesimpulan. Apa yang
dimaksud dengan "dikontrol" adalah diantisipasi sedini mungkin dan kemudian "dijaga"
agar tidak mencemari proses eksperimen.
Misalnya, agar tidak terjadi efek "Differential Selection",
maka dua kelompok harus dipilih secara
acak (random) untuk
mencapai pembagian yang fair. Agar
tidak terjadi kesalahan karena faktor
"Instrumentation" atau
"testing", maka
instrumen harus diuji berulang-ulang
untuk mencapai validitas dan reliabilitas yang tinggi. Untuk menghindari "experiment mortality", peneliti harus melibatkan jumlah subjek yang cukup banyak. Dan sebagainya.